Tenaga Medis RS HM Rabain Terdampak Covid-19

  • Whatsapp

ANALISNEWS, MUARA ENIM, SUMSEL – Seorang warga Muara Enim yang merupakan tenaga medis RS HM Rabain dinyatakan berstatus positif Covid-19.
Kabar ini disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Muara Enim Panca Suryadiharta, Selasa (28/04/2020).

“Kemarin hasil dari rapid tes kami kirimkan ke Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Palembang untuk dilakukan tes lanjutan. Dan pagi ini setelah keluar, hasilnya pun positif Covid-19. Saat ini pasien sudah di karantina di RS Rabain,” ujar Panca.

Lanjut Panca, tim Gugus Tugas Covid-19 akan melalukan tracking. Baik itu terhadap keluarga pasien maupun aktivitas yang dilakukan pasien. Sepanjutnya nanti seluruh anggota keluarganya akan dilakukan isolasi.

“Bila ada indikasi Covid, maka anggota keluarganya akan dilakukan isolasi di rumah sehat islamic center. Tapi apabila tidak ada indikasi, maka akan dilakukan isolasi mandiri,” jelasnya.

Dikatakan Panca, pasien positif kali ini merupakan transmisi impor. “Ini transmisi impor dari pasien nomor 60 yang kemarin merupakan pasien pertama di Muara Enim. Jadi belum ada transmisi lokal,” tegasnya.

Panca juga mengingatkan, untuk masyarakat sebaiknya jujur agar bersama sama bisa mengantisipasi penyebaran virus. “Jadi diharapkan masyarakat jujur akan aktivitasnya. Agar tidak menyulitkan petugas medis dalam mejalankan tugas dengan semakin banyaknya jumlah penyebaran,” tambahnya.

Panca menekankan, apabila ada warga yang baru saja datang dari daerah terjangkit, maka hendaknya melakukan isolasi mandiri, atau melaporkan kepada petugas medis agar bisa diambil tindakan. “Bagi Pelaku Perjalanan Daerah Terjangkit (PPDT) hendaknya jujur dan melaporkan kepada petugas,” jelasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *