Manfaat Minum Wedang Jahe untuk Tubuh

  • Whatsapp

ANALISNEWS – Wedang jahe adalah minuman terhist pada masanya tak hanya dulu, sekarang pun wedang jahe banyak digemari oleh orang dewasa hingga anak muda, dari kalangan atas hingga kalangan bawah. Kenapa? Karena wedang jahe adalah minuman herbal yang mudah ditemukan dan banyak mengandung akan khasiat bagi tubuh. Salah satunya yaitu dapat menghangatkan tubuh, tapi tidak hanya itu saja masih banyak lagi manfaat/khasiat jahe yang lainnya, yaitu :

1. Dapat Mengurangi reaksi alergi

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa minuman jahe dapat meredakan reaksi alergi. Hal tersebut karena tanaman herbal ini memiliki efek anti radang yang mampu meredakan reaksi peradangan akibat alergi.

2. Menurunkan berat badan

Mengonsumsi minuman jahe merupakan salah satu cara menurunkan berat badan secara alami dan sehat. Meski klaim ini masih butuh diteliti lebih lanjut, minum teh jahe hangat memang bisa membuat Anda merasa kenyang.

3. Meredakan nyeri haid

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minuman jahe bisa meredakan nyeri haid. Bahkan ada penelitian yang mengatakan bahwa efektivitas minuman jahe dalam mengatasi nyeri haid tidak kalah dari obat antinyeri.

4. Meredakan nyeri sendi dan otot

Tidak hanya bisa meredakan nyeri saat haid, minuman jahe juga telah lama dipercaya mampu meredakan nyeri sendi akibat peradangan dan nyeri otot. Jahe juga bisa digunakan sebagai obat alami asam urat. Manfaat ini adalah berkat sifat anti radang yang dimiliki jahe.

5. Mencegah risiko penyakit jantung

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa kandungan antioksidan, mineral, dan asam amino dalam minuman jahe dapat membantu mencegah penyakit jantung.

Mengonsumsi minuman ini juga dapat meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan kolestrol, meredakan nyeri ulu hati, mencegah serangan jantung, dan menurunkan tekanan darah.

Minuman jahe dapat memberikan beragam manfaat bagi tubuh. Meski demikian, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter mengenai jumlah konsumsi minuman jahe yang aman. Jika dikonsumsi berlebihan, minuman jahe justru dapat menyebabkan kembung dan nyeri ulu hati. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *